Ramadhan 1437H : Lingkungan

Karena kenyataannya kamu terbentuk lebih dari sekadar genetik orang tua,
tapi juga semua nenek buyutmu, dan juga semua lingkungan yang telah kamu pilih
Ceritanya beberapa hari lalu sempet buka bersama temen SD sekalian reunian.Ketemu temen yang udah lama banget nggak ketemu. Sempet lucu ketemu Bachtiar, temen deket semasa SD, yang sekarang walau aku udah jenggotan dan dia udah kumisan tapi pas ketemu udah berasa lupa umur bercandanya.

Yang menarik dari pertemuan ini, kepolosan jaman-jaman SD itu udah nggak keliatan lagi. Udah ada yang jadi Presbem fakultasnya, udah ada yang sempet intern ke Jepang, ada yang lagi sekolah di Korea juga, ada yang mulai jalanin bisnisnya buka les-lesan, kerja di konsultasi pajak, promosiin produk kecantikan, sibuk cari beasiswa S2, skripsian, macem-macem lah.

Dan rasanya gak nyangka aja kalau inget-inget gimana bentuk kita pas masih SD dan gimana bentuk kita sekarang. Jadi keinget sama kata-katanya Austin Kleon di buku Steal Like an Artist, Karena kenyataannya kamu terbentuk lebih dari sekadar genetik orang tua, tapi juga semua nenek buyutmu, dan juga semua lingkungan yang telah kamu pilih.

"Avis yang dulu bukanlah Avis yang sekarang ... ", ucap Avis, temen SDku yang dulu pendiem banget dan sekarang udah bisa rame, jelas kata-katanya dilanjut gelak tawa semeja makan.

“Seseorang itu berada pada agama teman karibnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapakah yang dia jadikan teman karibnya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad)


3 pembicara:

Fitri Hasanah Amhar said...

Ah bener bgt :"
Lingkungan membentuk. Tapi barangkali akan kalah juga dg keinginan diri yg kuat ya :"

Rian Adam said...

ya tapi biasanya juga kalau udah ada keinginan yang kuat terus akhirnya bakal condong mulai pilah teman

Rian Adam said...

duh jadi inget sama yg punya temen di Jepang

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat