Mind Sports Olympiad 2021

 


Random banget liburan semester ini saya daftar ikutan Mind Sports Olympiad 2021 (MSO), kompetisi tahunan board game tingkat internasional yang sudah jalan puluhan tahun. Kompetisi ini biasanya diadakan di negara-negara Eropa sebagai tuan rumah, tapi tahun 2020 dan 2021 MSO diadakan secara online.

Di MSO 2021 ada 9 cabang/kategori game yang bisa diikuti pemain, dan di setiap kategori terdapat banyak board game yang ditandingkan (total lebih ada 100 board game ditandingkan di MSO 2021). Kesembilan cabang itu adalah: Catur, Backgammon, Eurogame, Abstract game, Card&Tile game, Classic game, Mental, Poker, dan Other.

Tahun ini  saya daftar di salah satu board game kategori Eurogame, yakni Carcassonne (game ini pernah saya bahas di artikel sebelumnya).

Carcassonne Championship

Kompetisi diadakan secara online via BoardGameArena.com tanggal 5 September mulai dari jam setengah 10 malam WIB. Pertandingannya diadakan dalam dua tahap, kualifikasi dan play-off. Untuk lolos ke tahap play-off pemain harus menang 7 dari 8 permainan selama kualifikasi. Aturan ini kesannya memang ketat banget, karena kata panitia tiap tahun Carcassonne punya peminat yang banyak banget dan demi menghemat waktu di sesi play-off jadinya dibuat ketat seleksinya.

Persiapan

Ya, walaupun ini cuma kompetisi yang iseng-iseng >.< tapi ya gimana ya, saya tetep luangin waktu untuk pemanasan dan persiapan biar gak buruk-buruk banget hasilnya. H-7 lomba saya usahakan tiap hari main minimal satu game. Dan nggak cuma main, setelah kalah atau menang, biasanya saya sempetin untuk lihat ulang gamenya dan ngelakuin analisis apa langkahnya ada yang kurang optimal dan sebagainya.

Saya juga sempet siapin "tile tracker" versi saya yang saya modif dari sini (belajar javascript selama liburan ini juga jadi ada manfaatnya juga :D). Gara-gara tracker itu saya juga jadi sedikit belajar tentang distribusi tile di Carcassonne. Di pertandingan kita diizinkan mencatat tile yang sudah muncul, selama tidak dilakukan secara otomatis (misalnya pakai software).

Faktor "Luck"

Beda dengan game catur atau sejenisnya yang istilahnya memiliki "perfect information" di Carcassonne ada sedikit faktor luck karena kita dan lawan akan mengambil tile satu persatu dari tumpukan, dan tidak tahu akan dapat apa. Jadi apakah itu berarti bisa jadi kita menang karena sekedar luck atau keberuntungan? ya.. bisa jadi..

Tapi, setelah saya coba seriusin game ini, ternyata memang tantangan terbesar di Carcassonne bukan hanya strategi mendapatkan poin besar, tapi juga gimana cara kita menangani risiko yang bisa terjadi. Saya kemarin nonton final match dan analisis dari juara Carcassonne MSO 2021, dan wow Alexey bermain dengan penuh perhitungan, hampir setiap langkah yang diambil harus bisa menangani beberapa risiko sekaligus. Kemampuan mengurangi risiko keberuntungan ini yang membedakan pemain biasa dan juara.

Pentamind World Championship

Yang saya baru tahu juga adalah di MSO ada cabang lomba Pentamind World Championship. Jadi Pentamind ini mirip Triathlonnya Olympic, bedanya di sini pemain di-ranking berdasarkan 5 board game terbaik mereka. Board game yang dipilih ada aturannya, penilaiannya pun berbeda-beda. Pemain yang berhasil juara di setidaknya 5 kategori dan mendapat score Pentamind tertinggi menjadi Pentamind World Champion. Fakta menariknya, salah satu pendiri Deepmind, Demis Hassabis, adalah satu-satunya yang pernah 5x menang Pentamind.

Hasilnya

Karena saya bukan atlet serius di game ini, dan lomba ini juga hanya iseng, saya tidak pernah berharap bisa lolos kualifikasi. Bisa menang 1x saja sudah alhamdulillah. 

Dan setelah main 8 game, yang mengakibatkan kepala panas banget tengah malam, saya dapat ranking 46 dari 144 peserta (saya hitung dari yang setidaknya main 1 game) dengan total menang 5 dari 8 game. Gambar di awal artikel ini adalah salah satu kemenangan yang paling epic, dengan selisih sedikit saya berhasil menang lawan pemain (yang juga panitia) dengan ELO jauh di atas :D (ini kayaknya faktor luck)

Apakah tahun depan akan ikut lagi? kalau ada kesempatan ikut dan kegiatannya online, mungkin akan ikut lagi :) benar-benar pengalaman lomba yang unik dan menarik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore! The Last Night?