Belanja Buku




Sekitar awal Januari 2020 saya dapet info kalau salah satu penerbit buku IT Packt Publisher sedang ngadain promo semua ebooknya di jual $5 saja (dari harga asli sekitar $22-$25). Packt Publisher adalah salah satu penerbit buku machine learning favorit saya, Python Machine Learning. Promo itu jadi menarik banget karena di akhir tahun 2019 lalu Packt Pub baru saja menerbitkan Python Machine Learning 3rd Edition.

Karena super tertarik, saya  langsung inget kalau tahun lalu saya pernah dapet gift card dari Stackoverflow karena bantu ngisi survey. Giftcardnya lumayan $10 dalam bentuk credit card. Kalau ditanya kok bisa dapet giftcard, Nggak ngerti juga kenapa kok bisa terpilih dapet gift card, saya bahkan yakin itu penipuan awalnya tapi ternyata alhamdulillah itu uang beneran :)

Cerita sedikit tentang giftcard ini, giftcard ini sebenernya saya udah coba pakai berkali-kali tapi belum bisa juga. Mesti ada saja alasannya, yang tokonya nggak menerima kartu kreditnya lah, yang ongkirnya nggak ketutup lah, dan sebagainya. Jadi pas lihat ada kesempatan membelanjakan giftcard ini jadi semangat untuk pakai.

Setelah browsing-browsing, saya mantap pilih dua buku yang paling menarik menurut saya, Python Machine Learning oleh Sebastian Raschka dan Hands On Deep RL oleh Maxim Lapan. Buku Deep RL nya masih preorder dan baru akan terbit akhir Januari. Saya coba bayar pakai gift card dari Stackoverflow, dan hasilnya.. kartu kreditnya ditolak, duh. Kali ini tidak ada yang jelas kenapa kartu kreditnya di tolak, jadi sempet coba berkali-kali sebelum akhirnya nyerah.

Tapi karena sudah pingin banget dan kesempatan bisa beli buku asli, akhirnya jadi diskusi sama istri untuk beli pakai uang sendiri saja, tapi satu buku saja, karena $5 itu masih sekitar Rp70ribuan jadi hitungannya masih seperti beli buku biasa. Tapi pertanyaannya gimana cara beli bukunya?

Paypal x Jenius

Setelah browsing sana sini akhirnya saya nemu sebuah cara yang bisa dipakai. Yakni dengan menggabungkan PayPal dan BTPN Jenius. Saya kebetulan punya kartu Jenius dari Bank BTPN, dulu pernah pakai untuk keperluan Udacity Scholarship. Punya rekening Jenius bener-bener memudahkan karena rasanya kayak punya kartu kredit (yang bisa buat belanja ke luar negeri) tapi serasa GoPay. Jadi kartu Jenius saya bisa dibilang selalu kosong karena baru diisi pas perlu aja.



Langkah yang perlu saya lakukan adalah buat akun paypal dan hubungkan dengan kartu Jenius yang saya miliki. Proses ini terbilang mudah dan cepat, bisa dilakukan via smartphone (saya bikin akun Paypal + menghubungkan ke rekening Jenius sambil nunggu antrian di puskesmas). Ketika proses menghubungkan Paypal ke Jenius, pastikan di Jenius ada saldo sedikit. Paypal akan narik uang terus ngembaliin utuh,untuk ngetest validitas rekening. Kalau nggak salah yang ditarik sekitar $3 (hampir Rp40 ribu).

Setelah terhubung, saya tidak perlu isi saldo Paypal, tapi saya langsung belanja buku di PacktPub. Ketika akan bayar, saya pilih opsi pembayaran menggunakan PayPal. Setelah itu ketika tagihannya masuk, saya tinggal pilih rekening mana yang terhubung dengan Paypal yang akan digunakan untuk membayar tagihan tersebut. Paypal akan menarik uang dari rekening Jenius yang telah terhubung tadi. Dan akhirnya, saya berhasil beli ebook online :)



Setelah terbeli saya menon-aktifkan rekening Jenius dari Paypal, tujuannya mencegah agar tidak sengaja beli barang di internet ;)

Kenapa Beli Ebook?

Walau saya yakin buku yang nantinya saya beli ini pasti ada bajakannya cepat atau lambat. Saya berusaha untuk menghindari pembajakan buku dengan membeli buku asli selama saya mampu untuk beli. Semoga saja ada keberkahan ilmu di balik pembelian buku itu.

Saya tidak bilang kalau buku yang saya baca semuanya asli. Tapi prinsipnya sama dengan "jangan tinggalkan ibadah sunnah hanya karena ibadah wajibnya belum sempurna", kalau kita belum bisa mengerjakan kebaikan 100% ya setidaknya jangan ditinggalkan 100% :)

Apa kabar Giftcard Stackoverflow?

Giftcardnya sudah expired. Tapi, berkat pengalaman beli buku di Packt Publisher, saya jadi sadar kalau saya bisa memanfaatkan Giftcard Stackoverflow untuk beli ebook di Amazon Kindle. Alhamdulillah dengan $10 saya sempat beli dua buku sebelum giftcardnya expired :) satu buku bahan ajar kuliah dan satu lagi buku yang istri saya pingin banget baca. Kedua buku itu total menghabiskan $9.5.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore! The Last Night?