Ujian Agama

Ikuti! ujian agama Islam dengan hadiah yang luar biasa besar. Materi yang diujikan adalah materi dasar yang sewajarnya diketahui umat Islam. Ujian akan diadakan lusa bertempat di ... dst.

Tiba-tiba kebayang misal ada pengumuman seperti itu. Sebuah ujian atau lomba dengan hadiah yang menarik semua orang. Kita masih punya waktu satu hari untuk me-refresh pengetahuan agama kita. Kira-kira, apa tanggapan kita?

Mungkin sebagian dari kita ada yang mengeluhkan waktu satu hari tidak akan cukup untuk merefresh kemampuan agama kita. Sebagian yang lain mungkin langsung menyibukkan diri mempelajari bab-bab pelajaran agama dari SD-SMA. Atau malah sebagian lagi masih bingung apa yang harus dipelajari?

Apapun tanggapannya, rasanya itu bisa jadi bahan renungan buat kita semua. Yang sebenarnya bisa mengarahkan ke pertanyaan utamanya, seberapa mengenal sih kita dengan agama kita?

Jadi inget celetukan teman waktu ujian Agama semasa kuliah dulu, bukankah kalau agama adalah seasuatu yang harusnya diterapkan sehari-hari itu berarti kita tidak perlu takut dengan ujiannya? bukankah ujian di akhirat itu lebih berat dan lebih tiba-tiba?

*yang terpikirkan saat diantar istri ujian agama setelah sekian tahun lamanya beragama Islam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore! The Last Night?