Skripsi #2 Push the boundaries

screenshot kali pertama njalanin Theano di Windows, ternyata ndak seberapa ribet :)

Pas mulai mikir ambil skripsi, pinginnya emang nyoba sesuatu yang baru, yang bikin belajar dan nambah ilmu. Sempet kepikiran JST atau Fuzzy, cuma belum dapet ide mau apa topiknya. Sampai Triplek ngasih saran dipengembangan BeHafidz selanjutnya dibikin ada pengenalan suara bahasa Arabnya. *Ting, langsung pingin coba jadi topik skripsi

Bener-bener baru banget topik yang mau aku ambil, pengenalan suara, baru dalam arti belum pernah tak kerjain sebelumnya. "Ini gimana cara ndetectnya, gimana cara ngerekamnya, gimana cara ngenalinnya, dan lain-lainnya". Bener-bener blank pas itu .__.

Jadinya langsung tak lempar ke Bu Afia sekalian propose untuk jadi dosen pembimbing. Ibu nya setuju dengan topiknya, malah mengusulkan algoritma lain yang katanya cukup menarik, Deep Learning. Awalnya mantuk-mantuk aja gak ngerti deep learning itu apa (inget banget pas itu ibunya juga cerita-cerita tentang algoritma Backpropagation, SVM, dan HMM tapi aku gak ngerti ini ibunya ngomong apa karna emang pas itu belum paham :v cuma siap-siap nyari jawaban kalau ditanya biar bisa keliatan ngerti *maaf bu).

Akhirnya baru paham beberapa minggu kemudian kalau topikku ini berarti JST, berarti mesti mulai dari belajar JST. Dan pas KKN sambil pinjem buku JSTnya Maya, nyambi-nyambi belajar tiap malem atau pagi, mahamin ulang dasar-dasar JST yang gagal dipahami pas kuliah --"

banyak banget cerita seru pas belajar selama ngerjain skripsi ini:

Mulai dari berminggu-minggu diskusi "berat" sama bu Afia dan Rilut untuk memahami makna deep learning. Jadi ceritanya ada perbedaan pendapat di antara kami tentang makna deep learning itu sendiri. Kayaknya ini makan waktu paling lama untuk sepakat, mungkin 2 bulanan. Sempet juga chatting sama bu Yunita yang padahal lagi di luar negeri untuk nambah pandangan tentang makna deep learning itu sendiri.

Terus gimana serunya nyari tutorial dan kuliah dari beragam penjuru, download ratusan MB untuk nonton video dari yang basic kayak gimana cara kerja Backprop sampai memahami gimana intuisi dari kernel di dalam Convolutional Neural Network.

Ngurangin waktu tidur dan nonton film (ini yang sedih) untuk nontonin video tutorial atau diskusi di stackoverflow, setiap ada pertanyaan langsung tanya, dan bahkan untuk menguji kebenaran aku sempetin mbaca-mbaca pertanyaan orang di stackoverflow, masa-masa skripsi bener-bener nambah poin di stackoverflow

Juga di akhir-akhir bener-bener niat "hackathon" bareng dhafin, rilut, dan mas ucup di lab selama liburan kemarin. Buat belajar implementasi, teori, atau apapun. Sampe sempet ngerasain masa-masa dimana makan pagi-siang-malem di satu warung yang sama karena liburan cuma warung itu yang buka ._. #suramTapiSehat

...dan banyak cerita seru lain pas lagi "belajar" di masa-masa skripsi,

bener-bener petualangan yang serulah, dan yah, ini yang bikin rasanya jadi akan sangat mbosenin kalau habis ini harus kerja duduk diam dibalik laptop, dengan istilahnya Fitri, "Mengerjakan mimpinya orang lain", tanpa ada ilmu baru yang diperoleh

2 pembicara:

Nurrahmadayeni yeni said...

waah, luar biasa kali ya pengalamannya. Saluuut :D

Kalau boleh tau ni, gimana ya dapat memahami bagaimana proses yg terjadi di convolutional neural network dan kalau boleh lagi ni bisa gak berbagi tutorial yang ttg convolutional neural network?
Terimakasih :)

Irsam Rahmat Yusuf said...

Nice...
Interesting thesis topic

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat