HackGov 2015

Malem ini sebelum memulai aktivitas di Spyder, aku mau cerita sedikit tentang pengalaman Hackathon yang barusan aku ikutin dan mudah2an ini jadi pengalaman hackathon terakhir di masa kuliah S1 ini *lulus cepet, amiin. Cerita ini bersifat subjektif belaka, kesamaan nama dan tempat memang di sengaja.

Sebenernya aku gak tipe hackathon, kalau gak dipaksa-didaftarin-tanpa-bilang-bilang oleh mas Rushan, iyuh ogah banget ikut hackathon. Kenapa? karena lagi sibuk TA, 24 jam lebih ngerjain sesuatu yang lain itu rasanya sesuatu banget :|

Tapi pas udah sampe sana dan mulai, rasanya lumayan seneng juga karena banyak temen yang aku kenal, mulai dari anak Ilkom 12 kayak Ramjak, Zaki, anak2 Gemastik kayak Desti, Adho, Jati (yang sempet-sempetnya nikmatin kolam renang hotel), terus malahan ada muridku di Praktikum ASD, Faldy sama Bahari. Jadi gak terlalu tegang dianggep kumpul-kumpul aja.

Kemarin lombanya itu dibagi jadi 3 kategori, Visualisasi dan Analisis Data, Aspirasi, dan Perempuan. Sesuai kesepakatan sebelumnya timku ambil bagian Visualisasi dan Analisis Data. Kita udah punya ide luar biasa keren *aku sampe terharu inget betapa kerennya ide itu, ketika tahu kita akan dapet data apa aja di malem sebelumnya. --Jadi 3 kategori itu udah dipublish agak jauh-jauh hari, pas H-1 kategori visualisasi dan analisis data mempublikasi data-data apa saja yang akan kita dapet, dan pas hari H baru kita akan dapet datanya, untuk kategori lain gak pake data-dataan--

Masalahnya... kita pas malem sebelumnya itu cuma tahu judul data yang bisa kita dapet bukan data yang kita dapet, dan setelah pas hari H dapet datanya, jeng jeng jeng.. datanya KECIL BANGET! ini mah gak bisa dibuat ngambil kesimpulan ._. langsung panik tingkat darurat, mulai pivot ke sana kemari cuma buat cari ide ini data mau diapain ._. 6 jam pertama lomba, kita habisin buat mikir habis2an ini data mau diapain, *dan pemrosesan data masih makan 6 jam lebih lagi. Setelah 6 jam pertama, motivasi jadi juara langsung menurun drastis .-. Akhirnya kita putuskan kemarin untuk bikin sistem yang menghitung efektivitas pembagian BLM di Indonesia (Bantuan Langsung Masyarakat).

Kita sebenernya dibuat bingung dengan sistem lomba ini, karna ini pengalaman pertama jadi gak ngerti juga bagian mana yang mesti di fokusin, visualisasi kah? analisis kah? visualisasi ini maksudnya UI/UX kah? analisis ini maksudnya data mining kah? bener-bener blank. Tim ku pas itu bertiga, aku sama mas Rushan coba mikirin analisis datanya dan Ikhsan jadi programmer dewa kita.

Nggak kerasa udah jam 12 malam dan Ikhsan sudah mulai hampir menyelesaikan masalah backendnya. Masalah mulai muncul di bagian front end, ini gara-gara aku nya yang gak biasa hackathon dan ndesain malem-malem akhirnya ketika dapet bagian jatah ngelayout tampilan page bener-bener buntu tingkat maksimum, ini mau didesain kayak gimana ya Allah... udah mata merem melek gak kuat nahan ngantuk pengerjaan front end bisa dibilang stuck nungguin desain dari aku, yang akhirnya baru dapet pencerahan jam 6 paginya :) alhamdulillah, -- padahal udah tinggal 3 jam lagi lomba selesai itu nak

Dan alhamdulillah aplikasi kita udah jadi dan terkumpulkan, yay, terus langsung ambil donat 4 biji buat di makan sendiri.

Selama lomba dapet pengalaman menarik, sempet ngobrol sama tim yang akhirnya jadi Juara 1 kategori ini yang duduk pas di sebelahku, mereka tim yang kayaknya dapet banget makna dari lomba ini :) bener jadi lomba ini bukanlah lomba UI/UX atau lomba data mining! tapi lomba ini tentang bagaimana memvisualisasikan data! Mas Nasikhun *kalau gak salah namanya, cuma mbikin sebuah page pake bootsrap gak ada judul gak ada background, dan langsung menampilkan 3 grafik terurut secara vertikal. Tapi yang bikin keren emang grafiknya, paralel variabel bla bla, itu judulnya dan dari grafik itu kita bisa ngelihat hubungan antar variabel yang bikin sebuah provinsi itu maju atau nggak, itu kereeen banget!

Mbak-mbak yang duduk disebelahku (timnya mas Nasikhun) pas aku tanyain bilang grafiknya di bikin pakai D3JS, sebuah library yang aku baru ngerti itu apaan ketika ada Mr. Rene, data engineer dari UN New York nunjukin kekerenannya. Pas tak tanya2 lagi mbak-mbak ini rupanya lulusan S2 di Perancis *masyaAllah lawanku berat banget ternyata ._.

Pengalaman menarik lain adalah tentang Pitching, tiap tim cuma diberi waktu 2 menit untuk presentasi, pemakaian PPT dan ndobos seputar latar belakang gak berlaku di sini. Ada banyak tim yang punya ide-ide luar biasa jadi gak tersampaikan karena singkatnya waktu. Termasuk tim yang duduk di depanku yang bawa-bawa iMac dan ngobrolin seputar komputasi. Mereka bikin sesuatu yang aku bilang kompleks dan gede banget, itu keren, tapi masalah pas pitching, Bapaknya (peserta ini udah bapak-bapak) kelamaan presentasinya, jadi agak failed menurutku :( padahal kayaknya punya kesempatan besar untuk menang.

Pelajaran besar yang aku dapet dari hackathon ini adalah cobalah untuk nggak perfeksionis, dalam 24 jam kita hanya punya dapet kesempatan yang istilah mas-mas juara 1 kategori Aspirasi adalah Earlier Stage. Jangan membangun sesuatu yang susah diselesaikan dalam 24 jam, jangan habiskan waktu untuk memoles agar sempurna. Ini ngena banget ke tim ku yang ngehabisin separuh lebih waktunya untuk memoles kemanfaatan data :)

Juga pelajaran untuk desain lebih cepat khususnya desain web, sejak di Otoman, aku ngerasa agak kesulitan kalau disuruh ndesain web, mesti banyak latihan untuk membuat desain web yang bagus, enak dipandang, UX nya sempurna, dengan cepat. Juga kayaknya aku pingin mulai belajar datamining, gak enak kalau mesti ngerepotin nana cuma untuk nge-forecast data sederhana, tapi kayake setelah TA ku kelar aja deh, haha.

Terima kasih buat mas Rushan yang udah menerjunkan aku di lomba sangar ini yang bikin aku deket dengan banyak orang punya banyak kenalan dan coba belajar untuk lebih profesional lagi :) Juga selamat buat Farid, Triplek, dan entah siapa temennya :v yang berhasil dapet best concept :) ide aplikasi kalian emang antimainstream.

fotonya Jati, foto yang mewakili betapa bahagianya kami dengan makanan di sana


0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat