Blah Blah Blah

Bingung ngisi waktu di minggu tenang, dan memutuskan untuk blogging sesuatu


Ini adalah buku paling mahal yang pernah tak beli, harganya nyaris 100ribu pas itu, tapi worth it banget buat di baca. Dan gara-gara buku ini aku jadi serius belajar mendesain powerpoint yang baik.

Selama setahun ini kegiatan yang paling aku takutin sejak awal kepengurusan adalah presentasi atau bicara di depan umum, aku bukan ahli di bidang ini. Tapi setelah mbaca buku ini, wawasanku jadi sedikit banyak bertambah, bahwa sebenarnya bicara di depan umum tidaklah jauh berbeda dengan menggambar! yap, ada seni di balik itu (bahkan pada buku ini akan dibuktikan bahwa ada rule yang jelas!).

Inti dari buku adalah bagaimana kita membuat apa yang kita bicarakan itu efektif, jelas, mengena, dan mudah dipahami. Terbagi menjadi tiga bagian besar, bagian pertama akan membahas tentang cara kita untuk mengenali pembicaraan yang tidak "blah blah blah", dilanjutkan bagaimana kata-kata bisa kita visualisasikan dalam bentuk gambar, dan di bagian terakhir akan diberi cara sederhana bagaimana menyampaikan ide yang dapat diterima secara visual dan verbal.

Memang sih, belum banyak ilmu yang berhasil aku terapkan dari buku ini gara-garanya setiap kali presentasi dikasih jadwalnya dadakan :( dan karena aku masih menggunakan Inkscape, sedikit sulit untuk menggambar dalam waktu cepat.

Tapi ada beberapa point yang bisa aku implementasikan dengan cepat dan berguna di setiap presentasi. Salah satunya sesuatu yang disebut di buku ini sebagai "Blah-Blahmeter", sebuah alat ukur untuk mengukur efektivitas sebuah kalimat dan beberapa hikmah lain dari kisah nyata yang menarik seperti bagaimana seorang pilot bicara jauh lebih efektif dari pada seorang Barrack Obama!

yah, buku yang menarik dengan ilustrasi yang lucu tentang Rubah dan Kolibri sebagai karakter utama. Berbeda dengan beberapa buku yang menjelaskan tentang presentasi yang menarik namun bukunya sendiri tidak menarik, Buku Blah blah blah karya Dan Roam ini menjelaskan tentang efektivitas berbicara dengan visual dan Dan Roam sendiri menerapkannya dalam bukunya. Coba baca, dan kalian bakalan gak bisa berhenti sampai membaca habis bukunya :)

lihat betapa menariknya, akan ada banyak ilustrasi di bukunya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore!: The Contest