The Swordless Samurai: Kepemimpinan ala Jepang

Jadi pingin sharing sebuah buku yang menarik banget, berjudul "The Swordless Samurai". Kegiatan rutin bulanan, nge-random datang ke toko buku buat nyari bahan bacaan biar kamar nggak terlalu membosankan karna hal-hal berbau komputer, dan akhirnya nemu buku The Swordless Samurai ini.

The Swordless Samurai, merupakan buku biografi yang cukup inspiratif, mengisahkan kisah kehidupan pemimpin legendaris Jepang, Toyotomi Hideyoshi.


Buku ini memang buku biografi, tapi menarik banget buat dibaca.  Ditulis dengan sudut pandang orang pertama, bikin kita ngerasa terbawa ke Jepang di abad 16. Kita bisa belajar tentang bagiamanakah kehidupan kekaisaran, peperangan, samurai, dan kondisi sosial Jepang pas itu.

Selain itu, buku ini juga membuat pembaca merasa langsung dibina oleh Hideyoshi tentang poin-poin penting seputar kepemimpinan. Banyak prinsip-prinsip penting yang selalu dicatat di akhir setiap kisahnya, tentang bagaimanakah seorang pemimpin itu seharusnya, sikap, dan keputusannya, bahkan bagian-bagian buruk tentang menjadi pemimpin, wis pokoke bener-bener menarik dan berisi.

Sekadar info, Hideyoshi ini adalah seorang warga sipil yang karena begitu terampil, jujur, tekun, rela berkorban, dan beberapa sifat baik lainnya. Beliau berhasil menjadi seorang kaisar legendaris yang berhasil mempersatukan Jepang. Disebut Swordless Samurai, karena seperti itulah Hideyoshi, dia bukanlah seorang samurai, bukan pendekar, perawakannya tidak mendukung, bahkan tidak menarik untuk dilihat, tetapi dialah yang berhasil menjadi pemenang tunggal dari peperangan panjang di negeri sakura tersebut.

0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat