Experience is the best teacher

Salah satu kata-kata mutiara di buku tulis yang masih keinget sampai sekarang.

Beberapa tahun lalu di sebuah acara di SMA, dengan pemateri saat itu Mas Dalu Kirom, sebuah pertanyaan terlontar, "Mas, bagaimanakah cara kita menjadi seorang yang memiliki jiwa pemimpin?"

"Turun ke lapangan, nggak ada pemimpin yang bisa terlahir hanya semalam, nggak ada teori yang bisa njadiin kita pemimpin dalam sekejap, semua itu dari pengalaman"

Beberapa hari lalu di sebuah acara di kampus, dengan pemateri saat itu Bu Wiwit Wijayanti, sebuah pertanyaan terlontar, "Bu, bagaimana cara biar kita menjadi public speaker yang baik, yang ndak punya kebiasaan bilang eeh... eeh... atau sejenisnya?"

"Jam terbang dan latihan, itu kembali ke jam terbang. Semakin sering kita bicara di depan umum, nanti pelan-pelan kita bisa semakin memperbaiki dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita"

Jadi sebenernya sulit juga kalau ditanya, Kapan kamu bisa mulai memimpin? atau kapan kamu bisa menjadi public speaker yang baik? itu semua tergantung pengalaman, dan kita harus tetap belajar untuk memperbaiki diri

Karena memang nyatanya ada beberapa kemampuan yang perlu terus diasah seumur hidup untuk memperoleh hasil yang terus membaik

*semua kutipan hanya sebatas ingatan, kurang lebih seperti itu kata-katanya

0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat