Sejenak Sebelum Makan

Ceritanya pagi ini sedang nemenin makan pagi pembinaan olimpiade bareng siswa dari SMA Negeri 3 Batam. Model pembinaan kami emang cukup beda, karena pembina, panitia, dan peserta akan duduk bersama dalam satu meja ketika makan. Jadi bisa bercanda dan mengenal satu sama lain.

Namanya Yossie, siswi yang ikut pembinaan bidang geografi ini berhasil ciptain renungan sendiri. Aku perhatiin dia setiap mau makan nundukin kepala dan khusyuk berdoa, dia non-muslim. Aku gak tahu apa yang diucapin karena bibirnya tertutup rapat, tapi aku yakin dia berdoa, karena melihat matanya yang terpejam dan tangannya yang menggenggam khusyuk sebagaimana cara berdoanya orang nasrani.

Tidak perlu waktu lama dia berdoa, kira-kira 8-10 detik saja. tapi waktu sesingkat itu udah jadi pukulan buat kita yang langsung menyuapkan makanannya.

Dalam Islam, doa sebelum makan yang dianjurkan adalah dengan menyebut asma Allah, "Bismillah," bahkan tanpa perlu embel-embel "Arrohmaanirrahiim." Sedangkan doa "Allahumma bariklana ...," hadits yang menganjurkan doa tersebut sanadnya adalah dhoif alias lemah alias tidak bisa diamalkan.

Seberapa lama waktu kita yang muslim untuk mengucapkan doa tersebut? mengucapkan "Bismillah"? tidak sampai 2 detik? tidak sampai 1 detik? lalu seberapa sering kita makan bersama setan hanya karena lupa mengucapkan doa tersebut.

Semoga bisa jadi renungan bersama, banyak amalan kecil yang mudah kita lakukan, tapi kita pun biasa untuk melupakan.

"Bismillahi fii awwalihi wa aakhirihi" (doa ketika lupa mengucap bismillah di awal makan)


*referensi penjelasan tentang doa sebelum makan:
https://rumaysho.com/1114-sebelum-makan-bacalah-bismillah.html

0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat