Resensi: Cabin Notes

Kemarin tanggal 24 Desember diajakin main ke togamas, udah lama juga gak mampir toko buku. Rencananya beli komik buat adekku yang katanya mau ke Jogja besoknya. Juga nyari bacaan ringan yang ngerehatin di tengah skripsi.

Terus nemu buku ini, harganya 50rban, 200an halaman
Random banget milihnya, pokoknya setelah tahu itu buku ceritanya nonfiksi jadi langsung pingin beli. Bayanganku aku bakal bisa dapet perspektif baru dari seorang pramugari pesawat. Dan ya, dapet banget.

Buku Cabin Notes ini bener-bener notes. Kumpulan dari artikel-artikel yang ditulis oleh salah seorang pramugari yang memiliki beragam pengalaman, Pratiwi Hidayat, dan dikelompokkan menjadi empat bab besar: Thrust, Lift, Drag, dan Weight, empat istilah yang berhubungan erat dengan dunia penerbangan.

Buku ini menceritakan suka-duka-warna-warni kehidupan seorang pramugari, seperti bagaimana susahnya menjalani tes karena batasan umur, hingga rasa bahagia ketika menerima ucapan terima kasih dari penumpang pesawat. Tidak ketinggalan pula kisah-kisah mengerikan tentang kecelakaan pesawat yang diperoleh dari narasumber yang menjadi korbannya.

Seneng banget baca buku ini, bener-bener nambah wawasan. Selama ini kita mungkin cuma denger sisi negatif menjadi pramugari tanpa tahu betapa berat beban yang mereka tanggung. Dengan baca buku ini kita bakal akan terbuka pikirannya dan bisa belajar lebih menghargai orang lain.

Yang menarik :)
  • Terdapat kutipan fakta-fakta unik tentang dunia penerbangan, misalnya istilah +3/-8 yang menunjukkan menit-menit paling kritis dalam sebuah penerbangan (3 menit setelah lepas landas, dan 8 menit sebelum mendarat).
  • Selain itu juga penulis menyelipkan kutipan dari Al-Quran dan Hadits yang bisa memotivasi kita dan menjadi bahan renungan bersama.
  • Ini adalah kumpulan artikel yang ditulis bertahun-tahun, aku suka banget melihat bagian akhir setiap artikelnya yang menunjukkan lokasi dan kapan artikel itu ditulis, "Jeddah 15 Agustus 2015" 
Yang kurang menarik :(
  • satu yang sedikit aku kurang sreg dari buku ini karena dibagian akhir-akhir wawasan tentang ke-pesawat-an seakan agak berkurang. kumpulan artikel akhir-akhir isinya tentang motivasi-motivasi gitu. Masih ada info tentang penerbangan, cuma lebih sedikit. Dan tetep bagus kok, cuma kalau aku memang gak terlalu suka motivasi-motivasi gini. 
Overall, buku ini menarik banget untuk dibaca, khususnya kita yang selama ini berpikiran negatif dengan pramugari atau tentang penerbangan, atau yang ingin tahu tentang seluk beluk penerbangan. Inspiratif dan Edukatif :)

0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat