Kuliah Kerja Nyata #2

Enaknya kkn gak jauh itu jadi gampang mobilitas untuk beli-beli barang, contohnya posting ini aku post di Primanet di Jogja pas lagi nyari Higrometer sekalian video penyuluhan.

Lanjutan postingan tentang KKN, beberapa poin yang ingin aku ceritain selama KKN.

Guru Pertama Adalah Orang Tua
Salah satu pola yang aku dapet saat KKN ini adalah anak yang baik punya orang tua yang baik pula. Aku cukup sering bergaul sama anak-anak kecil sini, dan anak-anak yang nakal, kalau diteliti memiliki pola yang sama, yakni terdapat masalah pada orang tuanya.

Contohnya ada anak kecil cewek nakal banget ._. suka bikin ribut dan berani banget sama orang yang lebih tua.Orang tuanya? aku rasa sibuk banget, anak ini sering banget dititipin ke mbahnya yang padahal juga sibuk ke sawah, akhirnnya sering main sendiri. Contoh lain adalah kampung Juragan, kampung sebelah tempat dusun yang aku tinggali, di sana pemuda yang putra bisa dibilang gak ada, pas kegiatan Ramadhan mereka biasanya cuma ambil takjil terus pulang, gak ikut TPA, atau sholat maghrib, apalagi terawih. Orang tuanya? kata tokoh masyarakat di sana, orang tuanya lah yang memang jadi penghalang, bahkan bisa dibilang mereka di ajari untuk tidak usah sholat di masjid dan sebagainya ckckck.

Sebaliknya, ada Oyan, anak Pak dukuh, masih kelas 2, tapi dia baik, sopan, santun, dan lucu juga. Arum, kalau gak salah kelas 5 SD, ayah sama ibunya sering banget ke masjid buat tadarusan, anaknya? gak kalah jago ngajinya. Dan masih banyak contoh lagi, misalnya anak nya polisi atau abri juga biasanya punya tingkah laku yang lebih positif. Sedangkan yang orang tuanya sering sibuk degnan pekerjaannya dan melupakan anaknya, anaknya lebih condong ke perilaku yang negatif.

jadi bener-bener kerasa,  memang Guru Pertama adalah Orang Tua,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore!: The Contest