Contagious

Selepas UTS yang entah kenapa rasanya lebih berat dari UTS-UTS sebelumnya (mungkin karena UTS kali ini aku lebih belajar :/) nyempetin mampir ke toko buku pagi tadi. Biasa, lihat-lihat cover buku sama nyari judul yang menarik untuk di beli.

Aku jadi inget, pernah beli buku liburan kemarin di Togamas di Surabaya, buku ini gak aku temuin di Jogja dan baru ketemu tadi pagi di Gramedia deket UGM. Judulnya Contagious

credits: lageneralista.com
Di internet gak berhasil nemu yang cover Indonesia


jujur, ini buku paling menarik yang pernah aku baca.
Dengan sekitar 300 halaman yang ada sedikit gambar-gambarnya, harganya aku beli sekitar 60ribuan, sebenarnya inti dari buku ini simpel : bagaimana sebuah produk bisa menyebar.

Tapi yang bikin keren adalah bagaimana penulis menceritakan melalui rentetan penelitian serta kisah-kisah produk yang memang berhasil terkenal. Perhatikan, ada kata 'penelitian' di sana. Kita, di buku ini bener-bener diajak menganalisis bagaimana coklat Kitkat bisa terus bertahan hingga puluhan tahun atau kenyataan bahwa sebuah sereal lebih menarik diperbincangkan ketimbang Disneyland.

Penyebaran suatu produk (atau ide) sangat diperlukan di mana pun dan gak cuma untuk para pegawai pemasaran, misalnya pemerintah juga memerlukannya dalam mengkampanyekan aturan-aturannya. Sayangnya, kebanyakan orang gagal dalam melakukan penyebaran ide. Beberapa dari mereka memang berhasil mengiklankan produk yang awalnya tidak menarik sama sekali, Blender misalnya. Tapi beberapa dari mereka malah gagal dan menciptakan efek yang terbalik, contohnya ketika pemerintah mengkampanyekan jauhi narkoba, kenyataannya itu malah membuat semakin banyak pengguna narkoba.

Tidak hanya menganalisis, buku ini juga berhasil membuat rangkuman yang cukup mudah diingat tentang bagaimanakah ciri suatu produk yang akan berhasil menyebar. Bahasanya ringan dan banyak contoh, menyenangkan. Penulis berhasil banget untuk menggoda kita membaca sampai selesai, kita seakan terus dipancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita terus untuk membaca sampai habis.

aku sangat merekomendasilah, monggo kalau yang mau pinjem bisa hubungi saya :)

Trivia:
ingin tahu bagaimana cara mengiklankan blender?
ada video lucu dan menarik yang dibahas di buku ini :)

1 pembicara:

Farid Ridwanto said...

nyilih!

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat