Divergen

Ceritanya kapan itu jalan-jalan ke toko buku dan nemu buku dengan judul Divergent, kayaknya sih novel -atau kayaknya malah udah ada filmnya-, gak sempet nyentuh atau baca tulisan di cover belakangnya. Tapi judulnya ini ngingetin sama sesuatu.

***

Kalau di sebuah cermin, divergen artinya memantulkan cahaya secara menyebar, kebalikan dari konvergen yang memantulkan cahaya secara fokus ke satu titik.

Kalau di psikologi, berpikir secara konvergen artinya fokus memilih pada opsi-opsi solusi yang tersedia dan divergen berarti berusaha mencari opsi solusi lain.

Intinya, Konvergen itu memusat, sedangkan Divergen adalah menyebar.

Mungkin dengan menjadi konvergen kita bisa melihat lebih dalam, lebih mengenal, dan lebih tahu. Tetapi itu hanya memusatkan pada satu perhatian saja, tidak keseluruh area. Sedangkan Divergen? ya, sebaliknya.

***

Dan, judul buku itu ngingetin sama sebuah kata yang berdenging beberapa minggu ini, "peka" atau bahasa dalam inggrisnya, "sense".

peka /pe·ka/ /p├ęka/ a 1 mudah merasa; mudah terangsang; ... [KBBI.web.id]

Ya, peka itu bersifat Divergen. Ketika kau tahu atau merasakan sesuatu tapi tidak pada sesuatu yang lain padahal kondisinya hampir sama. Itu bukan peka. Kau hanya menaruh perhatian.


0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat