Alumni

Sebuah predikat yang diberikan ke seseorang sesudah 'masa'nya. Sebenernya ini juga merupakan tanggung jawab. Ketika kita masih di SMA, maka kita punya tanggung jawab sebagai siswa SMA. Dan ketika kita sudah lulus, maka kita punya tanggung jawab sebagai alumni.

Menjadi alumni menurutku jauh lebih sulit dan lebih berat dibanding ketika jadi pra-alumni biasa. Karna ketika kita telah jadi alumni, kita sudah berada pada lingkungan yang berbeda, tapi mesti tetap berprilaku atas nama lembaga yang memberi kita predikat ini.

Sungguh malu kalau dengar, "X, Alumni SMAN 5 Surabaya terlibat korupsi" atau "Dia dulu adalah pengurus di organisasi rohis, tapi sekarang suka mabuk-mabukan". yah, yang kalimat kedua itu kata alumni muncul secara implisit.

Selesai tanggung jawab di suatu lembaga bukan berarti bener-bener sudah. Kita baru saja mendapat gelar alumni, yang gelar itu tidak ada masa akhirnya, yang jauh lebih berat, yang jauh lebih diperhatikan, dijadikan contoh. Makanya, masuk atau bergabung organisasi atau lembaga bukan hanya momen formalitas, atau keinginan berbagi sesama, tapi juga ajang perbaikan diri. Setidaknya kita harus mempersiapkan diri sebelum gelar alumni itu datang kan? dan jangan buat mereka kecewa atas prilaku alumninya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore!: The Contest