Sudah halalkah Font kita?

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." [Al-Zalzalah: 7-8]

Wah, sebenernya ayat ini dalem banget loh. ini berarti setiap tindakan kecil kita itu juga akan dipertanyakan di akhirat nanti.

Kali ini mau saya bahas sedikit tentang "Sudah halalkah font kita". Ya, font yang kita pakai ini. Representasi wajah tulisan di web atau hasil ketikan di komputer.

Lisensi Font

Seperti apapun di dunia internet ini, semua berlisensi. Dan tahukah kalian, kalau font yang ada di komputer Windows itu sebenarnya juga tidak gratis, bahkan font-font yang kalian download dari situs-situs penyedia layanan font seperti Dafont, FontSquirrel, dan sebagianya itu juga tidak semuanya bisa digunakan seenaknya loh.


Jadi sebenarya setiap font itu memiliki lisensi. yakni aturan pemakaian produk yang kadang panjang dan kadang bertele-tele. Lisensi Font sendiri biasanya bermacam-macam, Berikut ini beberapa penjelasan simpel untuk beberapa lisensi yang sering kita temui:

  1. Free, kalian bisa menggunakan pada produk apapun termasuk untuk produk yang akan diperjualbelikan nantinya (misal game atau film atau logo, dsb.), tapi kalian biasanya dilarang menjual langsung font ini kalau berdiri sendiri.
  2. Free for Personal Use, kalian bisa download dengan gratis asal tidak menggunakan pada produk komersil.
  3. Donationware, kita diharuskan mendonasikan sebagian uang (biasanya tidak ditentukan) kepada pemilik sebelum memakai font tersebut 
  4. Commercial, harus dibeli dulu font ini. setelah itu bisa dipakai dalam banyak produk termasuk komersial. 
  5. Dan masih banyak lagi, karena lisensi ini bukanlah suatu yang kaku, jadi beragam banget (misalnya shareware, dsb). Lisensi adalah kehendak pembuat produk untuk apa saja produk itu boleh digunakan.Jadi jangan terlalu kaku dengan pilihan-pilihan di atas, sebaiknya budayakan untuk membaca lebih detail tentang lisensi font kita.
Satu yang mau saya tekanin adalah, akan lebih "sopan" jika tetap menyebutkan siapa pembuat font tersebut di produk kita, walaupun itu produk komersil ataupun gratis, khususnya jika font itu kalian dapat dengan gratis. Misalnya ditaruh di bagian "credits" di aplikasi. Tujuannya apa? pertama, ini lebih etis karena kita juga tidak mau kan karya kita tiba-tiba dipakai orang lain tanpa bilang-bilang.

Jangan Mudah Percaya

Nah, tapi jangan terlalu percaya juga dengan lisensi yang ditulis di web, karena bisa saja, font ini juga sudah diambil sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab lalu diupload ulang tanpa izin pemilik aslinya.

Pengalaman saja dulu saya pernah mau buat game menggunakan font "Angelina", nah, di dafont.com, font itu tulisannya berlisensi gratis, tapi di web lain tidak. Karena ragu, akhirnya saya putusin untuk meng-kontak langsung pemilik fontnya melalui email. Selang beberapa hari saya dapat balasan, dan ternyata benar, font yang ada di dafont.com yang gratis itu memang tidak seperti harapannya. Ada pihak "nakal" yang mengupload font berbayarnya dan menggratiskannya. Yah akhirnya saya mesti "membongkar" gameku hanya karena font itu bermasalah.

Saya biasanya membedakan lisensi asli dengan lisensi yang meragukan dengan melihat detail yang akan kita download. Lisensi asli biasanya ditulis dalam readme file nya, atau ada kata-kata langsung dari pemiliknya di web.


Dan yang perlu diingat adalah, kita kadang terlalu meremehkan hal kecil seperti ini. Padahal Allah tidak pernah meremehkan hal kecil. Jadi untuk para desainer, ada baiknya juga lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan font ;)

Komentar

  1. saya seorang designer

    hmmmpp...gimana kita bisa mengontak pembuat fontnya?

    dan lagi...font di dunia ini ada jutaan...kadang ketika kita tanya sama si pembuat, kadang gk digubris. bnyak yg kayak gitu...kalau udh kyk gitu...masihkah seorang pengguna font disalahkan?

    *think again...banyak permasalahan yg bisa timbul jgn menutup bnyak lagi. apakah windows yg kita pakai asli? apakah yg ada di dlm komputer itu juga asli semua?

    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku lebih berhati hati karna klo kita jual bukan hanya dosa tapi kita juga bisa di denda dari pihak pembuat font itu sendiri

      Hapus
    2. Klo saya lebih ke melihat dari file Zip yg kita download dan memeriksanya satu persatu jika ada file readmenya maka pahami dan terjemahkan jika perlu

      Hapus
  2. wah, seneng bisa ketemu designer lain..

    untuk mengontak pemilik font, itu emang agak susah beberapa orang tidak menyertakan email mereka, tapi biasanya beberapa website font mengharuskan peletakan form contact, jadi bisa di cari via google font itu, dan dilihat di web mana aja ada font tadi...

    betul, tidak digubris oleh pemilik font itu sering terjadi, nah, cara yang paling gampang adalah mencari dengan sabar font dengan bentuk yang nyaris sama dan ada catatan jelas dari pemilik font tentang lisensi fontnya...
    ini lumayan susah, pengalaman, di dafont.com, dari 10 font mungkin cuma 4 yang bertuliskan lisensi dari pemiliknya...

    pembicaraan detil halal tidak sebuah font, tentu sudah membuka pembicaraan halal tidaknya apa-apa yang ada dalam komputer kita...
    bisa dijadikan introspeksi diri, maka ada baiknya kita memulai melegalkan komputer kita...

    khususnya jika ini digunakan untuk hal yang komersial..

    terima kasih juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi termasuk juga, software yang kita gunakan?
      Soalnya di indonesia banyak yang menggunakan software bajakan. Saya sendiri pakai inksape.

      Hapus
  3. ternyata hal yang beginian juga termasuk ya :(

    oiya maaf baru bisa berkunjung :D

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  5. masih banyak koq ribuat font yang gratis di google
    apalagi saya usaha jasa design layout dan percetakan dengan nama www.percetakanbogor.blogspot.com

    BalasHapus
  6. lebih pasnya lagi, ayat diatas ditulis dengan tulisan arabnya.
    ok

    BalasHapus
  7. wah, iya, saya kesulitan untuk menulis arab di internet, jadi sementara artinya saja
    terima kasih masukannya...
    in syaa Allah post selanjutnya...

    BalasHapus
  8. Terimakasih Oom telah menyadarkan Saya betapa pentingnya hal yang sering kali dianggap remeh, dan ternyata mengakibatkan dampak yang sangat serius. Pada kesempat ini Saya mau meminta rekomendasi Oom, tentang situs yang terpercaya untuk mendownload font yang jelas sumbernya. Terimakasih atas tanggapanya.

    BalasHapus
  9. Terima kasih kunjungannya om cupin,
    sebenernya situs seperti dafont.com itu sudah bagus kok, cuman kita mesti milah-milah dulu font yang berlisensi sesuai kebutuhan kita :)

    oh ya, di post terbaruku aku ngasih link kumpulan font yang sering aku pakai buat ndesain-ndesain

    di sini : http://cerita-ilmuku.blogspot.com/2015/01/my-font.html

    BalasHapus
  10. Terima kasih Oom Rian, sudah mau direpotkan. Oom ada satu pertanyaan lagi nih Oom, yang mmbuat Saya bimbang. Apa font yang terdapat pada Ubuntu Softwa Cernter boleh di gunakan untuk tujuan komersial komersial, atau hanya untuk pemakain pripadi?

    BalasHapus
  11. Wah, kalau ubuntu software centernya kurang tahu, tapi kalau font di ubuntu nya sendiri lisensinya udah open source (bisa untuk komersial).

    BalasHapus
  12. disini ada sedikit info mengenai ubuntu font
    http://www.fontspace.com/help/#

    BalasHapus
  13. yup, terima kasih mas atau mbak anonim, mungkin saya lanjutin dari linknya.

    kalau mau tahu lisensi font ubuntu secara resmi di sini : http://font.ubuntu.com/ufl/
    kalau secara enak dilihat link dari mas atau mbak anonim itu pas banget (y)

    BalasHapus
  14. Nice post, siap - siap taubat nih :)

    BalasHapus
  15. Bisa lebih dirinci lagi, free itu ada yang free tok (tidak boleh dikomersilkan) dan ada yang free commercials use (boleh untuk komersil)

    Allahu'alam

    BalasHapus
  16. @rivatxfz terima kasih sarannya, sebenernya udah sempet aku singgung di "Free" dan "free personal use" mungkin penamaannya sedikit beda hehe

    BalasHapus
  17. Kalo misalnya website kita gak mengantongi lisensi font, bakalan gimana bro? bisa dilaporin g sama yg punya. Sekian, mohon dibalas

    BalasHapus
  18. kalo boleh tau, situs google fonts itu nyediain fontnya bebas komersial semua ngga ya mas? terima kasih

    BalasHapus
  19. kalau dari halaman utamanya, google font itu terlisensi opensource, jadi bisa digunakan untuk projek commercial atau non-commercial

    "All fonts are released under open source licenses. You can use them in any non-commercial or commercial project."
    https://developers.google.com/fonts/

    BalasHapus
  20. Masyaallah,bagus insightnya, makasih mas.
    saya juga lagi cari font halal, eh ketemu tulisan ini. Barakallahu fik. Btw, font yang halal dimana ya nyarinya ?

    alangkah lebih bagus, kalau buat postingan tambahan mas. Sila download font2 free berikut. hehe (harapan, biar nyarinya gak susah).

    BalasHapus
  21. @Aisyah, salah satu penjelasan lengkapnya ada di: https://docs.microsoft.com/en-us/typography/fonts/font-faq intinya, jika windows yang terinstall adalah asli/legal, maka fontnya boleh diguakan untuk keperluan printing atau projek komersil selama tidak menjual atau meng-"embed" fontnya secara langsung

    BalasHapus
  22. @coretansibintang, mohon maaf terlambat untuk membalas, sebenarnya saya sudah pernah buat kok: https://cerita-ilmuku.blogspot.com/2015/01/my-font.html ;)

    BalasHapus
  23. Halo kak. Thx buat artikelnya yg bagus and menambah pengetahuan. Saya mau tanya dong bagaimana caranya kita bisa memperoleh lisensi atas font yang kita buat sendiri ?

    BalasHapus
  24. Tabarakallah, artikelnya bagus banget, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakumullah khairan, semoga kita semua bisa terus bermanfaat dan berbagi

      Hapus
  25. Apakah boleh font yang "free for personal use" digunakan untuk post di instagram semacam quote, tanpa ada embel-embel mendapatkan keuntungan/untuk komersial. Mohon jawabannya kak...

    BalasHapus
  26. Soalnya di instagram stories ana sering edit quote/kata-kata para ulama dengan menggunakan font free for personal use, apakah itu boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah jika tidak digunakan untuk mencari keuntungan komersial tidak apa-apa. Tetapi jika post instagramnya untuk "branding" perusahaan yang komersil, sebaiknya gunakan
      yang commercial use

      Hapus
    2. kak kalau font free personal use dipakai untuk logo olshop boleh tidak ya?

      Hapus
  27. Kalau google font lisensi nya gimana ya?

    BalasHapus
  28. Bermanfaat bang....brrti kita harus teliti dong dan mesti kita menghubungi si pembuat
    ....klu free for use buat komersial jg boleh ya kan....klu ragu kita cari lagi di web lain gitu ya?
    capek dong hehe

    BalasHapus
  29. Ternyata sudah ada yg bahas kyk gini sejak lama ya, dan sy baru tau pas liat postingan yg kasus d*font di ig, pas gugling-gugling nemu tulisan ini.

    BalasHapus
  30. Terimakasih untuk infonya 🙏

    BalasHapus
  31. Terimakasih untuk infonya 🙏

    BalasHapus
  32. klo lisensi free commersial use, tapi dipakai untuk displai desain yg akan dijual dan klo ada yg beli kita sruh download sendiri font ny,, it gmn om

    BalasHapus
  33. Kalau free for personal use itu bisa untuk post di Instagram ndak bang?

    BalasHapus
  34. kalau fontnya Free for Personal Use ... apa boleh di gunakan untuk membuat banner youtube, atau pun thumbnail youtube?

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaykum wr wb Mas Rian
    Mas Mau tanya dong, kalo ada font yang tulisan "Free Personal Use & Desktop Commersial Use" apakah bisa digunakan untuk kepentingan komersial juga ?
    Dan 1 lagi mas, kan saya menggunakan Aplikasi Open Source gratis juga seperti GIMP dan Inkscape dan didalamnya sudah otomatis ada Font yang tertempel, apakah boleh digunakan untuk komersial percetakan juga ?
    Maaf mas saya masih bingung, karena rencana kedepan ingin menggunakan Gimp dan Inkscape itu untuk keperluan usaha saya mas.

    Terimakasih

    BalasHapus
  36. Saya tidak pernah terpikir sebelumnya,,, karena saya pikir yg namanya gratis ya berarti dia mau sedekah,,,, hmmm saya sudah terlalu banyak font tapi kurang ngerti juga tentang lisensi,,, produk2 deaign saya biasanya saya gunakan untuk kepentingan organisasi dan kalau mau ada yg minta jasa edit saya layani juga nah gimana nih yg seperti ini?

    BalasHapus
  37. Bagaimana dengan open font license? Apa itu bisa digunakan untuk komersial juga?

    BalasHapus
  38. kalo misalnya font for personal use itu boleh digunakan untuk youtube gak? Kadang suka bingung nih

    BalasHapus
  39. Status Font bawaan Microsoft gimana Bang? Apakah gratis buat komersial? Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibaca di sini: https://docs.microsoft.com/en-us/typography/fonts/font-faq intinya kalau produk microsoft asal fontnya legal untuk komersial, fontnya juga legal untuk komersial

      Hapus
  40. gak hanya font, keinginan dari client beberapa gambar asal comot dari google atau yg lainnya. jadi merasa gak mendapat keberkahan dari hasil kerjaan kita kalo kek gini. berkebun aja kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini benar sekali, gambar dari internet itu juga tidak bisa sembarang ambil. Jadi inget beberapa waktu lalu sempat ramai karena ada lembaga besar yang "ambil" poster lembaga lain, lalu diedit, dengan alasan "kan saya nemu dari googling, ya boleh dong" :(

      Hapus
  41. os windowsx bajakan berarti segala didalamnya haram ya kang ??? sedih
    di kantor OS windowsx bajakan semua (tambah sedih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, emang tantangan untuk pemilik kantor sebaiknya tidak menggunakan OS bajakan untuk bisnisnya. Pilihannya jika tidak sanggup bayar lisensi semua perangkat kantornya bisa gunakan opensource

      Hapus
  42. Kak, mau tanya dong. Kan ada aplikasi editing dari Play Store, nah apk nya ada font bawaan yang banyak. Font-font tersebut kira-kira halal tidak?

    BalasHapus
  43. Bismillah. Terima kasih atas tulisannya bermanfaat sekali. Saya mau tanya, untuk font OFL itu apakah juga bisa untuk free commercial use? Terima kasih

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum, Admin
    saya mau bertanya apakah boleh menggunakan font bawan dari aplikasi di Android
    Misalnya fixellab, untuk membuat Vidio di YouTube atau thumbnail,semoga bisa di bantu jawab, assalamualikum wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bntu jawab insyaallah kalau bawaan app tidak apa2 kak

      Hapus
  45. Apa untuk sehuah cover buku, dan isi buku juga harus beli lisensi untuk font nya?

    BalasHapus
  46. mau nanya ada rekomendasi tempat membeli font? saya tidak punya paypal atau semacamnya
    atau ada yg membuka jasa menjual font?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak harus paypal, sekarang pembayaran barang luar negeri juga bisa menggunakan Kartu Jenius BTPN, buatnya juga mudah

      Hapus
  47. As-salāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh

    Saya izin bertanya, saya kan download windows 10 tapi dari suatu situs forum microsoft (kalau tidak salah ) , saya tidak tau apakah link download yg diberikan itu hanya untuk yg menanyakan sesuatu hal ( penjawab = orang yg memberikan link tersebut, saya lupa orang resmi atau bukan ) tapi ada batas waktu , saya ragu jadinya

    terus setelah saya instal windows 10 nya ( karna sesuatu hal laptop gw kehilangan os nya )
    dan ternyata udah ada lisensi nya , kemungkinan ini karena notebook saya memiliki Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture) https://www.bagitekno.net/windows/jenis-lisensi-windows.html

    yg jadi pertanyaan adalah, saya khawatir karena link download yg diberikan oleh sang penjawab memliki batas waktu , saya berpikir bahwa link download tersebut hanya untuk yg menanyakan sesuatu hal ( saya lupa )

    menurut admin bagaimana ? apakah saya harus berpindah ke linux ?

    BalasHapus
  48. Kak kalau freeware non commercial itu apa?

    BalasHapus
  49. Wah keren sharing ny sangat bermanfaat, thanks broo smoga ilmu ny berkah dan bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  50. Kak mau tanya, kalau kita mengedit suatu cover dari sebuah apk, misal apk Adobe spark post. Apakah font tersebut bisa digunakan untuk keperluan komersial?

    BalasHapus
  51. kalo untuk cover album band, apakah menggunakan font yang tidak free akan jadi masalah? toh album nya juga cuma untuk design cover tok aja ga yang di jadikan hardcopy dan dijual cd nya. dan juga band nya ga terkenal. kalo memang nanti berakibat fatal ada solusi lain ga ya dari agan" sekalian? soalnya font nya udah cocok banget :(

    BalasHapus
  52. bang, kalau font yang personal use digunakan untuk watermark di postingan instagram boleh gk bang?

    BalasHapus
  53. saya suka buat ilustrasi dengan judul dari font "free for personal use" lalu saya upload di instagram, tujuannya hanya sebatas karya pribadi/hobi mengisi waktu luang saja.. apakah itu tidak apa-apa dipakai gratis?

    BalasHapus
  54. Bismillah..

    Tolong infonya kak, link font untuk komersil..

    BalasHapus
  55. Hallo kak,
    Ijin bertanya.
    Apakah free commercial Sama dengan open source yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit beda, open source itu sifat fontnya berarti terbuka, boleh diedit dan dipakai sesuka hati untuk keperluan apapun tanpa perlu kontak pemiliknya.

      Kalau Free for Commercial itu artinya fontnya gratis digunakan untuk keperluan komersial, TAPI itu bukan berarti kita dibolehkan menggunakannya sesuka hati (misalnya memodifikasi).

      Hapus
    2. Terima kasih kak Rian atas jawabannya ��, semoga mendapat keberkahan dari Allah SWT.

      Phh Oh iya kak boleh bertanya lagi ?. Apakah material design seperti font, foto, ilustrasi yang sifatnya Free Commercial and personal use kalau di modifikasi apa boleh dijual dengan modifikasi menjadi design baru? Saya pernah dengar dari YouTube lupa kak, kalau menjual material demikian ulang kan memang tidak boleh yah, nah kalau sudah dimodifikasi kak ?
      Mohon penjelasannya dan bantuannya ��

      Hapus
  56. Bang ., saya kan unduh videopad editor ., di situ di jelaskan bahwa "A free video editor version is available for non-commercial use only , kalo seperti ini artinya apa ya bang ., kebetulan saya ada niatan membuat channel youtube .,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Non-commercial berarti dilarang digunakan untuk tujuan mencari uang. Kalau misal untuk kebutuhan tugas sekolah/kuliah masih tidak apa, tapi jika untuk tujuan profesional/digaji dilarang.

      Kalau untuk konten youtube, wallahu a'lam, menurut saya pribadi masuk yang melanggar karena ada adsense-nya yang berarti kita mendapat honor darinya.

      Hapus
  57. Assalamualaikum kak, jdi aku bingung nih, aku pengen ganti font hp, tapi di theme store jelek jelek menurutku fonts nya, ada yg bagus tapi bayar. lalu aku memutuskan buat download font di google font. di situ, tertulis gratis digunakan untuk pribadi, komersial, dan lainnya. tapi tidak untuk dijualbelikan. aku juga udah izin sama si pembuat font lewat Twitter. untuk menerapkan font tersebut di hp ku, harus ada aplikasi tambahan, dan di aplikasi itu diharuskan buat ganti wilayah, di kasus ku apakah font itu jdi haram? mohon dijawab kak, pleaseee.. karna aku bingung banget������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi haram ketika menyalahi lisensi / perjanjian penggunaan.

      Saya masih kurang paham maksudnya aplikasi tambahan untuk ganti wilayah, ini berarti font itu aslinya tidak bisa dibeli / diperoleh di Indonesia tapi kita palsukan posisi kita (dengan aplikasi tsb) agar bisa download font tersebut kah?

      Hapus
    2. jadi gini kak, hp ku itu realme, nah kalau mau ganti font yg bukan dari theme store,biasanya aku download font dulu lewat web, terus download zfont di playstore, trs di zfont ada perintah buat ganti wilayah ke Myanmar, supaya fitur karakter dai di hpku bisa aktif, abis itu fontnya bentuk ttf, diinstal, terus karakter dai nya diaktifkan. baru bisa fontnya diterapkan, gitu kak

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejak disini

Postingan populer dari blog ini

My Font

Singapore!: The Contest