Teknologi dan Literasi

salah satu foto pertama dari HP pertamaku,
ketika lomba di Yogyakarta, 2008
Kata Mas Audrey, Asisten Dosen Teknologi Informasi Kontemporer
"Facebook itu mengurangi daya literasi kita, membuat kita malas membaca dan menulis"

Wah, aku setuju dengan pendapat beliau, tapi sebenernya bukan salah facebook menurutku tapi 'mengobrol' yang berlebihan menjadi penyebab masalah utama...
seperti kata guru SD kita, "Jangan banyak ngobrol di kelas!"..

Aku punya HP pertama ketika SMP kelas VIII hadiah dari lomba paling bergengsi zaman itu, Kuis Bintang Pintar Ultra. Dan, sejak itu hidupku berubah, aku jadi banyak main HP, SMS atau apalah yang gak jelas,...
bukan menyalahkan PT Ultrajaya yang memberikan HP, tapi merasa aku sendiri yang gak bisa ngatur waktu...

kalau sebelumnya aku belajar dari bangun pagi sampai mau tidur malam pas UAS, sejak punya HP aku belajar cuma malemnya itu pun masih sambil megang HP...

kalau dulu ketika ditanya, "Apa hobimu?"  maka aku tegas "Baca apa aja"
sekarang ketika ditanya, "Apa hobimu?" mesti langsung inget, bingung, sedih, mau ngomong apa...

sebagai pengimbang dan penstabil daya literatur kalian menghadapi teknologi ini, maka kusarankan:
  • cari-cari tutorial sesuai kemampuan kalian, kembangkan skill komputer kalian! jangan sampai ketika Ayah kalian bertanya,"Bisa bantu buat surat pakai komputer, nak?" dan kalian hanya bisa menggeleng-geleng kepala karena tidak bisa, padahal kamu menghabiskan rata-rata 5 jam sehari di depan internet...
  • tambah ilmu pengetahuan dan wawasan melalui wikipedia.org, atau forum-forum belajar...
  • Dan jangan habiskan internet kalian dengan facebook dan twitter...itu bener-bener menghabiskan waktu dan kurang manfaat...eksplorasi dunia internet...
"Jelajahi internet, Ambil Positifnya, Teguk Ilmunya"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore!: The Contest