Menjadi Mahasiswa

Sudah selesai deh masa SMA ku...
gak nyangka bentar lagi titel mahasiswa akan menempel di aku...
bicara tentang mahasiswa dan kuliah
akhir-akhir ini banyak artikel tentang "gak perlu kuliah"...
jujur, aja awal-awal baca artikel ini buat aku juga mikir males untuk kuliah...
sampai akhirnya aku inget, sebuah konsepsi yang sudah diajarkan Islam tapi sering kita lupakan...
yakni...

"The Purpose"

ternyata semua permasalahan hidup ini bisa diselesaikan dengan menanyakan kepada diri sendiri
"What is Your purpose?"

Kenapa kamu mesti kuliah?

- untuk kerja?
bukan untuk kerja yang dibutuhkan itu skill... bukan S1...
kalau skill kamu terbukti hebat, kamu bisa jadi wirausahawan tanpa perlu kuliah
hmm.. bukan jawaban yang pas...

- Ingin mengabdi kepada bangsa?
eh, terus kalau gak kuliah gak bisa mengabdi
wes, jelas salah...

- Ingin nyari gelar? penting ta?

- Ingin punya jas keren? butuh ta?

...

Alhamdulillah...
Aku sudah diterima di Ilmu Komputer UGM...
dan ketika ditanya pertanyaan seperti di atas...

maka jawabanku:

Aku kuliah bukan untuk menjadi programmer,
untuk menjadi seorang programmer, kalian cukup belajar via internet dan tekun mencoba,
aku juga bukan seorang yang IT-holic, aku masih gaptek sampai sekarang...
tapi alasanku masuk ke jurusan ini... adalah menemukan konsep berpikir...
aku teringat dengan perkataan Pak Rully Soelaiman saat aku sedang ikut pembinaan olimpiade di ITS,
"Gimana caramu mengasah atau menunjukan kemampuan logikamu? ya dengan programming kan?"

setidaknya kuliah di sini insya Allah akan mengasah kemampuanku...
selain itu kuliah di UGM juga mengajarkanku tidak sekadar ilmu akademis, tapi juga ilmu kehidupan, dengan belajar mandiri merantau di kota pelajar...

semoga itu semua nantinya akan membantuku menggapai mimpi...
menjadi seorang guru yang di nanti murid-muridnya...

"logika yang baik seharusnya berhasil menciptakan solusi paling sederhana dari kasus paling rumit",
Rian Adam Rajagede, Ilmu Komputer UGM 2012

-perpisahan-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

My Font

Singapore!: The Contest