Menurutmu? Agama itu...

Copas artikel dari blognya Mbak Vivin...

"Cukup sering aku mendengar komentar orang, baik teman maupun asing, yang kurang lebih berkata begini, “Aku beragama, tapi ya yang biasa aja, nggak yang berlebihan kayak mereka.”

‘Mereka’ di sini biasanya merujuk pada orang-orang tertentu yang dipandang ‘religius banget’. Bagi yang muslim, mereka biasanya dilabeli sebagai ‘anak rohis’, ‘anak ski’, atau ‘anak masjid’. ‘Berlebihan’ sering juga digantikan dengan kata ‘lebay’ yang konotasinya lebih negatif.

Apalagi kalau komentar itu ditambahi justifikasi begini, “Kan yang berlebihan itu nggak baik!” Duh, sedihnya lipat-lipat deh.

Aku ingin menitikberatkan pembahasan pada kata-kata yang kucetak miring.
Pertama, sebenarnya apa sih ‘beragama secara biasa aja’ itu? Apa juga maksudnya ‘beragama secara berlebihan’?

Bagiku sederhana saja. Kita harus tahu dulu ‘beragama’ itu seperti apa, dan standar-standarnya bagaimana. Barulah kita bisa menentukan apa yang ‘biasa aja’ dan apa yang ‘berlebihan’. Ini seperti kalau kita mau mencuci dengan deterjen. Kita harus baca petunjuknya dulu lah baru bisa tahu seberapa takaran yang ‘biasa’ dan seberapa takaran yang ‘berlebihan’.

Lha tapi orang-orang yang sedang dalam perjalanan mencari tahu ini sering kali malah dilabeli ‘berlebihan’ duluan. Bingung kan?

Hal kedua yang perlu direnungi adalah konsep berlebihan itu sendiri. Bedakan ‘berlebihan’ dan ‘mulia’! Berlebihan itu seperti orang yang menghambur-hamburkan uang dengan percuma. Mulia itu seperti orang yang menghambur-hamburkan uang untuk membantu orang lain, bahkan saat dirinya sendiri dalam kesempitan. Bisa ditangkap? Jadi, please, melaksanakan ibadah sunnah (apalagi ibadah wajib) itu bukan berlebihan!"

Hanya ada dua pilihan masuk akal: beragama secara total atau sekalian tidak sama sekali. Memilih suatu standar di tengah keduanya adalah hal yang aneh. Seriously.

----akhir copas-makasih Mbak-----

Akhir-akhir ini aku sering nonton film...
bukan buat buang-buang waktu...
sekadar refreshing dan belajar bahasa Inggris...
salah satu film yang ku tonton adaalah film 'My Name is Khan'...
ini film bagus...
dan juga salah satu quote nya...

Prayer should never depend upon the place or the people
it should depend only on your belief, Rizvan Khan, My name is Khan...


0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat