Surya dan Rembulan

Surya dan rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Berbincang...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Menjadi rekan...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Saling melengkapi...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Menyatu dalam gerhana...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Dengan nada tinggi...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Dengan hati kecewa...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Dan aku hanya mengamati...
Di balik ketujuh atmosfer...
Berdoa tidak terjadi bencana...
Yang melanda tubuhku...
Terkadang ku bertanya...
Kenapa ku tak bisa bercakap-cakap seperti mereka?

Sebelum Lupa Bahwa

Kakiku terikat...
Rantai berkarat...
Di dasar dinding berhadap...
Bau lembab lumut gelap...

Sentuhan basah licin tak berpijak...
Pegangan hitam tak berserat...

Aku suka dan mendekat...
Aku nikmati dan terpikat...
Aku rasakan tak berlari...
Aku menanti sembari menari..
Aku mengadah...
Aku di beri...
Kelelawar bermoncong putih...
Oh!
Tarik Aku hari ini...

This Time to Fight in....

Olimpiade
Pernah merasa menjadi prajurit terdepan?
Pernah merasa menjadi pejuang?
Aku pernah...
Di Dunia Olimpiade...
Di Bumi Komputer...
Di Dalam Laboratorium...

"yah ini, postingan yang ke-4 dari tag aku_smalane...
sebuah pujian untuk SMAN 5 Surabaya..."

Di Smala ada yang namanya Pembinaan Olimpiade...
di sini kita akan dibina pelajaran yang kita minati dan di Olimpiadekan..
ada delapan, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Komputer...

Jadi pas awal tahun...
kalian bakalan disodorin formulir pendaftaran mengikuti pembinaan...
setiap anak bisa milih 2 mata pelajaran..
terus akan ada tes di hari lainnya..
sekitar 20 besar dari setiap mapel akan di bina selama setahun setiap sabtu pagi...
tapi kalau komputer 3 tahun ini semua yang mau ikut pasti langsung keterima..
soalnya peminatnya enggak banyak... tapi kalau matematika bisa sampai puluhan yang minat jadi yah cuma di ambil 20 orang...

Apa enaknya ikut pembinaan?
ini cerita menurut pengalamanku...

Menekuni pelajaran komputer sebenernya bukan niatanku masuk Smala...
Apalagi Hobi...
Komputer aja pas itu enggak punya...
Apalagi Laptop...

Jadi pas itu aku di ajak Joseph, anak akselerasi yang udah jago ilmu pemrogramannya...
Aku diajak ikut pembinaan ilmu yang blas, aku enggak pernah ngerti bakalan ngapain...
Tapi Alhamdulillah, ternyata itu adalah takdir yang luar biasa...

Di sini aku bertemu dengan Mas Rizki, yang terus memotivasi...
Mas Dudin, yang menunjukan tentang sebuah kejeniusan...
Mas Tubagus, yang memberi sebuah keberanian...
Mbak Vivin, yang bilang kalau Aku bisa...

dan disini juga aku bisa menikmati internet gratis tiap sabtu selama hampir 5 jam...
Kami di (hampir) puncak Kaliurang

aku sudah menginap 2 kali di hotel yang lumayan bagus, gratis berkat perjuangan ini...
yang satu hotel di Surabaya, pas itu lagi ikut OSP (Olimpade Sains Tingkat Provinsi)...
lupa nama hotelnya... buagus (kunci kamar pake kartu, kamar mandi pake bathtube).... mungkin sudah berbintang...
terus yang kedua hotel di Yogyakarta di Km 16 menuju Kaliurang kalau gak salah...
pas itu lagi lomba pemrograman di UGM, hotelnya buagus...juga kotanya...


belum sempat juara, paling bagus juara harapan 2 lomba elektro ITS, dan Ranking 4 se-Surabaya olimpiade komputer...
tapi aku sudah sangat bersyukur...
karena satu hal yang kudapat di Olimpiade ini...
bahwa bagian penting bagi manusia yang selalu di lupakan adalah...
tentang Keberanian Bermimpi [yah, dan ini menjadi bekal yang diberi oleh Smala]


aku_smalane

Islamic Art [14]: Silence Art

Silence Art

[Versi Pertama Silence Art]
[Enggak banyak berkata di dalam karya]
[Di buat H-1 Ujian Praktik Seni Rupa]
[Gambar di buat menggunakan MS Paint, di tambah text dengan Pixlr.com]

dan yang ini, hasil lukisanku waktu ujian praktik kesenian

gak beda jauh kan?
 

Ujian Praktik

Praktik, bukan Praktek....
lihat deh Kamus Besar Bahasa Indonesia...

Hari 1: Mandarin = lumayan lancar, cukup grogi karena hari pertama...
Hari 2: Biologi = enggak bisa bedain biuret dan benedict --"
Hari 3: Bahasa Indonesia = H-1 jam dan musik masih blepotan...
Hari 4: PAI = H-1 kertas bacaan dzikir dari sekolah hilang, enggak jadi hafalan, dan tidur
Hari 5: Olahraga = Perasaan lebih ngebut, tapi ternyata malah lebih lama larinya...
Hari 6: TIK = Komputer mati pas sudah ngerjain 70% dan belum dinilai...
Hari 7: Fisika = Jawaban mikrometer sekrup beda sama semua anak...
Hari 8: English = Detik-detik paling gila dalam hidupku...
Hari 9: Kimia = "Hidrolisis harusnya bisa cuma 5 menit..." --
Hari 10: Kesenian = besok

Kayaknya hampir semua ujian gak ada yang lancar...
Tapi ada satu hal luar biasa yang kudapat selama ujian ini...
Karena, beda dengan Ujian Tulis,...
Ujian Praktik malah lebih membuat kita dekat satu sama lain...
Terasa lebih kompak...
Apalagi dibuka dengan sesi foto...
hmm... rasanya cepet banget udah mesti pisah...
tapi,..
paling enggak bakalan lama....
Toh, sebentar lagi kalian akan mendunia, dan nama kalian akan aku bahas di blog ini...

SS

"Lanjutan post bertema aku_smalane...
sebuah kontribusi untuk SMAN 5 Surabaya..."

SS singkatan dari Sub Seksi..
sama seperti ekstrakulikuler di SMP...
di Smala ada lebih dari 22 SS yang siap di tempati...
mulai dari Kerohanian sampai Bahasa...
terlalu banyak untuk diceritakan satu per satu...
aku cuma aktif di dua SS, di SSKI (kerohanian islam) dan Robotika...
karena gak mungkin menceritakan semua SS...
jadi tak ceritakan SS yang ku tekuni aja...

SSKI

salah satu kegiatan SSKI, rihlah
SSKI singkatan dari Sub Seksi Kerohanian Islam....
kegiatannya cukup banyak...
dan seru-seru...
aku nginep pertama kali di Smala di sini...
di sini aku pertama kali aktif di kepanitiaan...

SSKI menawarkan banyak kajian di mana kita bisa menuntut ilmu Agama...
ilmu wajib yang patut kalian miliki...
http://www.facebook.com/groups/115322117368/


foto bareng anak-anak robotika
Robotika
Ini Pusat IT nya Smala...
gak sekedar mbahas robot...
tapi juga pemrograman dan Computer Science...
aku yang awalnya gak ngerti apa itu domain...
Alhamdulillah sekarang sudah tahu cara daftar domain...
http://www.facebook.com/groups/Smalarobotic/


Selain itu... ini ada Dokumentasi SS lain di Smala
pas Demo SS aksi temen-temen taekwondo paling tak tunggu
SS spesialis juara internasional, Paduan Suara Gita Smala (PSGS)

Paling seneng lihat aksi mereka, SS Teater Smala (Tetris)

sebenernya kegiatan di SS ini sangat penting bagi smalane...
karena struktur pemerintahan di dalam SS sendiri ini seperti OSIS-MPK yang lebih kecil...
Jadi...

Di SS kita dibuat lebih fokus untuk menekuni bidang yang tidak diajarkan di sekolah...
kita diberi waktu untuk berprestasi dan menjadi seseorang yang multitalent...

aku_smalane

Pelajaran di SMAN 5 Surabaya

setelah posting tentang belajar,
saatnya posting tentang pelajarannya...
ini semua hanya testimoni berdasarkan pengalaman...

MATEMATIKA
normal, gurunnya keren-keren...
tapi, aku punya cerita tentang pelajaran ini...
aku mengenal guru matematika paling luar biasa...
gak cuma pinter, tapi lebih dari itu...
dan ku yakin cuma ada di smala...
di mana ada guru yang berkata...
"Trigonometri itu sudah mengalir di darahku" :)

FISIKA
Pelajaran paling rumit menurutku...
tapi bagi beberapa orang akan mengatakan mudah...
fisika itu paling seru kalau praktik...
langsung kebayang semua garis dan angka di kertas...

BIOLOGI
Pernah sempat kehilangan guru biologi di tahun kedua...
salah satu pelajaran yang begitu mengikuti kurikulum dari cambridge...
mempersulitku yang tidak pandai bahasa Inggris...

KIMIA
Pelajaran paaling berkesan...
dimana aku baru belajar di semester 2 tahun ke 3 (semester5)...
karena memang pada awalnya sangat tidak paham dengan pelajaran ini...
walau hampir kebanyakan orang bilang kimia itu gampang..
tidak untuk aku..

BAHASA INDONESIA
Kata siapa gampang? kata siapa susah?
masuk ke Smala, dan rasakan perbedaannya...

BAHASA INGGRIS
guru terbaik sesurabaya ada di SMALA

KESENIAN
kesenian di smala sangat beragam..
mulai dari membatik sampai bikin lukisan raksasa
"tidak ada yang namanya salah di dunia seni", Pak Kus...

AGAMA
belajar agama tidak sekadar teori tapi juga praktik, hmm.. bukan, tapi pengamalan...

PKN
Berpikir kritis, analitis, dan politis...
belajar politik langsung pada pakarnya...
mau tanya apa aja? insya Allah terjawab...

TIK
Pelajaran TIK di smala paling komplet...
dari flash sampai database...
dari logika sampai seni...
dari keyboard sampai obeng...

ini yang menjadikan kami termotivasi belajar...
aku_smalane

Belajar di SMAN 5 Surabaya

Kepala sekolah sudah ganti pas aku post ini.
hari ini perpisahan dengan beliau
"Post kedua dari tag aku_smalane...
terima kasih smala..."

akan saya kupas tentang pendidikan di SMAN 5 Surabaya...

Pertama masuk di smala sudah sering diingetin kakak kelas...
kalau nanti pas sekolah bakalan banyak tugas dan PR.. mesti siap mental...
dan ternyata...
benar...
mungkin gak separah yang aku bayangkan.. tapi emang lebih banyak dari selama aku SMP..
rekor ulangan terbanyak dalam 1 hari yang pernah tak alami adalah 3 ulangan... belum termasuk PR...
Alhamdulillah.. ternyata besoknya tiga-tiganya gak jadi ulangan... mukjizat banget rasanya...
[lupa kenapa gak jadi]
Gak usah sumpek... karena nanti kalian bakalan kaget, kalau sebenernya kalian bisa...

Kalian akan tahu Potensi diri Kalian

Metode
di smala kalian bakalan mengenal banyak microsoft powerpoint, yang jujur, gak aku dapet banyak di SMP...
gak sedikit guru yang mengajar menggunakan Powerpoint atau OHP...
dan gak sedikit juga kalian yang akan maju berpresentasi menggunakan powerpoint (disingkat ppt)..
bahkan, akhir-akhir ini kelas kami lagi sering presentasi pake Prezi...
tapi cara belajar secara konvensional dengan papan tulis juga masih di pakai kok...

Berpresentasi?
iya, mungkin ini yang gak aku dapet di SMP tapi suering banget di SMA...
kalian bakalan belajar cara ngomong di depan orang banyak...
menggunakan PPT atau OHP...
dan bertindak profesional menghadapi penanya...
ini akan melatih kemampuan dan keberanian kalian untuk berbicara di depan umum...
Alhamdulillah...

Guru?
sangar, di smala gurunya keren, pinter, keren (lagi), hebat....
ada guru yang sudah menulis banyak buku SMA atau pun SMP, yang mungkni pernah kalian baca...
ada guru yang selalu bisa memotivasi murid-muridnya untuk menghadapi dunia global...
ada juga guru yang hebat pengajarannya karena lulusan luar negeri...
ada guru yang sangat keibuan...
ada guru-guru praktisi, guru PKn yang aktivis partai, sampai guru agama yang seorang ustadz...
juga ada guru yang sering membacakan puisi atau cerpen sebelum ngajar...
terus ada guru yang sering mengajak kita mengaji sebentar sebelum belajar...
dan juga ada guru yang bahkan pernah menangis di depan kelas karena begitu besar harapannya untuk anak didiknya...
luar biasa... dan gak cuma itu guru di Smala..
karena pelajaran tidak cuma di ambil dari mereka...

Kurikulum
Kurikulum di Smala mengikuti kurikulum nasional terakhir...
di tambah sedikit-sedikit kurikulum Cambridge...
jadi jangan kaget, pas kelas XI dulu aku pelajaran biologi terdiri lebih dari 12 bab...

English Speak
3 tahun aku di Smala berebicara dengan bahasa Inggris belum diwajibkan...
hanya pada saat-saat tertentu...
jadi bagi yang bahasa Inggrisnya belum lancar... santai aja... kan bisa belajar...

aku_smalane

Aku Smalane...

Bismillah..
Post ini akan ku buat berseri Insya Allah...
untuk mengenang ke luar biasaan SMAN 5 Surabaya...
selama 3 tahun ini...
yang percayalah, gak bakalan didapet di sekolah lain...
semoga bisa istiqomah... menjadi penyegar dari kepenatan belajar...

Post ini akan menjadi yang pertama...
dimulai tanggal 1 Maret 2012, mengawali bulan penuh ujian di Smala [khusus kelas 3]
dan berakhir ketika aku resmi lulus dari sekolah ini...

APA ITU SMALA?
smala itu singkatan dari SMAN 5 Surabaya...
biasa juga dikenal dengan SMALABAYA...
buat bedain gitu sama SMAN 5 di kota lain...

Kalau Smalane?
itu sebutan untuk warga smala...
dari Pak Bon... sampai kepala sekolah...

Di mana nih?
bagi yang belum tahu dan ingin tahu...
Smala bertempat di Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya...
sekian meter dari THR (Taman Hiburan Rakyat) Surabaya...
pas di sebelah kiri jalan...
salah satu dari SMA komplek (SMA yang saling berdekatan), bersama dengan SMAN 1 Surabaya, SMAN 2 Surabaya, dan SMAN 9 Surabaya...

Pendidikan
Ketika aku posting ini, Smala berstatus terakreditasi A dan RSBI...
untuk guru-guru dan pelajaran akan update di posting selanjutnya Insya Allah...

Fasilitas
pas aku posting ini, AC, Loker, dan Komputer sudah disediakan di beberapa kelas... belum semua... mengingat gedung SMAN 5 Surabaya berdesain gedung lama...
jadi agak susah menyesuaikan pemasangan AC-nya...
bayangin aja, dikelasku ketika aku kelas 3 ini...
ruangannya mungkin setinggi 5 meter... lubang jendelanya sekitar 2 x 3 meter...
perlu AC berapa coba?
jadi gak pakai AC aja sudah dingin sebenernya...

selain itu juga ada Lab Komputer yang bisa dipakai kapanpun, selama gak ada pelajaran,... [post ini di publish via internet labkomp]
Lab Kimia, Fisika, Biologi, dan Bahasa dengan peralatan serba canggihnya...
2 buah lapangan yang bisa di pakai untuk voli, futsal, dan basket...
dan taman untuk belajar dengan suasana beda...

Kenapa mesti Smala?
itulah yang menjadi alasanku menulis post ini...
tunggu saja... dan kalian akan melihat sebuah sekolah dengan beragam masa depan yang ditawarkan...

aku_smalane

Sahabat