Hati-hati ya...

"Balik dulu ya..."
"oh, iya.. hati-hati di jalan ya..."

sering bukan seh ada percakapan seperti itu?
nggak cuma diperempatan jalan atau digerbang sekolah...
bahkan pamitan lewat sms aja juga kadang-kadang seperti itu bukan?

dan sedikit catatan, percakapan seperti itu nggak harus antara cewek dengan cowok lo..
itu kan cuma percakapan antara dua insan manusia...
bukan tentang gender.. apalagi mesra-mesraan...

nah, apa sih makna dari dialog di atas?
sebenernya kalau kita mau memperhatikan secara teliti (detektif mode:on)...
orang kedua ini, sebenernya...ingin mengingatkan orang pertama agar hati-hati...(lawas)
dan mungkin juga turut mendoakan agar orang yang pertama ini selamat sampai tujuan...
sama seperti banner-banner "Keluarga Anda Menunggu di Rumah" atau sejenisnya...

tahu nggak di islam pengucapan seperti itu sangat dianjurkan lo...
bukan dengan kata "Hati-hati di jalan ya"

tapi pakai kata Assalamu'alaikum...

nah, bagi yang jarang pakai kata ini...
sebenernya kata ini bermakna banget...
tahu artinya nggaaak?

mungkin karena bahasa arab ya? jadi susah dimengerti...
ayo cari tahu apa artinya? ini buat yang belum tahu...

Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh
= Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah kepadamu

Hmm.., lebih bermakna kan...
malah lebih ngademin ati....

seperti hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Yang lebih baik dari keduanya adalah yang memulai salam. (HR. Bukhori: 6065, Muslim: 2559)

terus ada juga di kitab Shahih Muslim(54) disebutkan: Dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim.” 

wuih, hebat bangetkan 'salam' ini walau ringan diucapkan (insya Allah)...
ayo dong semangat meneberkan salam...

nah, terus bedanya Assalamu'alaikum dengan Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh apa?
jawabannya ada di poin kebaikannya...

lihat hadits ini:
Dari Imran Ibn Hushain radhiyallahu ‘anhu berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mengucapkan Assalamu ‘alaikum. Nabi menjawab salam itu, lalu orang itu duduk. Nabi berkata, sepuluh (kebaikan). Kemudian datang orang lain dan mengucapkan, Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah. Nabi menjawabnya, lalu orang itu duduk dan Nabi berkata, Dua puluh (kebaikan). Kemudian datang orang lain lagi dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh”. Nabi membalas salamnya lalu dia duduk dan Nabi berkata, Tiga puluh (kebaikan). (HR. Abu Daud)

nah, ayo kita mulai tebarkan salam...
juga jangan lupa menjawab salam.. wajib lo...
kalau tergesa-gesa bisa langsung Assalamu'alaikum saja..
tapi sangat dianjurkan mengucapkan Assalamua'alaikum warrahmatullah wabarakatuh...

oh ya...
satu lagi...
sangat tidak dianjurkan menulis salam dengan Ass.wr.wb, atau Ass., atau malah A.w. w.
minimal Assalamu'alaikum...kalau tergesa-gesa yah tidak usah.. atau tulis aja bismillah...

balik dulu ya....
Assalamu'alaikum...

0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat