Niat, semuanya berawal...

Baru-baru lalu ikut kajian di suatu tempat di surabaya...
membahas kitab Riyadhus Shalihin...
hmm... cukup menarik... membahas tentang niat...

Dari Sahl bin Hunaif Radhiyallahu anhu, Bahwa Nabi SAW bersabda,
Barang Siapa yang meminta kepada Allah mati syahid dengan sebenar-benarnya, maka Allah menyampaikan kedudukannya dengan orang-orangyang mati syahid, meskipun ia meninggal di atas tempat tidurnya"

setelah di bacakan hadits tersebut...
ustadznya memberi kisah menarik tentang Khalid bin Walid...
merupakan panglima besar yang sanggup menaklukan puluhan medan perang...
sangat berkeinginan untuk mati Syahid di jalan-Nya, namun Allah berkehendak lain, karena beliau meninggal di atas ranjangnya....

Terlihat luar biasa balasan Allah, bahkan hanya pada niat...
Dan satu kisah lagi dari ustadz tersebut...
Analoginya seperti ini, Kalau kamu melawan Mike Tyson di ring tinju, tentu kalaupun kamu kalah tidak akan ada yang mencibirmu, toh lawannya Mike tyson, tapi, kalau kamu menang, bukankah itu hal yang luar biasa?

begini, penjelasannya... adalah...
BERANILAH BERMIMPI dan NIATKAN SEMATA-MATA UNTUK ALLAH SWT,
"Sesungguhnya amal itu hanyalah beserta niat, dan setiap manusia mendapatkan apa-apa sesuai yang diniatkannya. Barang siapa yang hijrahnya  kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya itu adalah kepada Allah dan RasulNya, dan barang siapa yang hijrahnya   karena dunia yang diinginkannya atau wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa-apa yang ia inginkan itu." (HR.  Bukhari  No. 45, 163, 2392, 3685, 4783, 6311, 6553,  Muslim No.  1907, At Tirmidzi  No. 1698)

Sesungguhnya Allah tidak melihat pada penampilan kalian dan harta kalian, tetapi Dia melihat pada hati dan perbuatan kalian.” (HR. Muslim No. 2564, dari Abu Hurairah)

  "Barang siapa yang mendatangi pembaringannya dan dia berniat untuk melaksanakan shalat malam, lalu dia tertidur hingga pagi, maka dia tetap mendapatkan apa yang diniatkannya." (HR. Ibnu Majah No. 1344, An Nasa'i No. 1787. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1344)

Sekedar tips tentang niat kita...
  1. Niatkan Hanya untuk Allah...jangan yang lain... selalu kaitkan niat kalian dengan-Nya, dengan Agamanya....
  2. Ingat terus Niat tersebut... sehingga setiap Kalian akan melakukan sesuatu hal tersebut, Kalian tahu apa yang harus Kalian capai... maksudnya seperti garis haluan. .
  3. Rasakan Niat tersebut... Hubungkan dengan rasa emosional, sehingga setiap mengingatnya, muncul semangat yang berbeda dari sebelumnya...
  4. Tuliskan Niat tersebut... untuk menghidari lupa yang bisa membelenggu...





________________________________________

0 pembicara:

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Sahabat